Ads 468x60px

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Sabtu, 17 Desember 2011

Get To Know Me!


Nama saya SITI ASYIFAH ADITYA ...
saya dinamakan SYIFA karena saya lahir bersamaan dengan bukanya apotik paman saya.
dan ADITYA-nya dari nama kakek saya yang turun temurun diberikan kepada cucu dan cicitnya..
Saya lahir di Sumbawa Besar,30 maret 1997 (yang mau ngerayain yya silahkan + kadonya yya ) makasih :D
hhahaha ngarep.com ,,,,
Kenapa saya bissa ada di Jember ?
Saya ada di Jember dikarenakan pekerjaan ayah saya itu pindah-pindah !
(tanya sendiri jawab sendiri)
Sekarang saya duduk di kelas 3 smp, Di SMPN 6 JEMBER. di kelas IX E,saya duduk dibangku depan nomor 2 dari pintu kelas. UNTUNG, yang duduk dibelakang saya anaknya rajin. Jadi bisa nyonto walaupun duduknya di bangku depan
Saya dikelas dipanggil "TACIK" why?
because, katanya wajah saya kayak orang Cina (katanya)
dan nama ini bukan di provokatori oleh teman-teman saya, melainkan oleh guru saya sendiri !
Bayangkan!
bukankah ini pertanda kalau guru sebenarnya sangat perhatian sama murid-muridnya bukan..
Jadi saya sangat bangga masuk ke dalam keluarga SMPN 6 JEMBER.
Terimakasih ESPANA ..
Reade more >>

Kamis, 01 Desember 2011

7 OPINI TENTANG SMP 6 JEMBER (ESPANA)

1.Kekompakan / Kekeluargaan
Kekompakan antara guru dan siswa sangat terasa aromanya/ terlihat saling menghormati, menghargai maupun becanda antara siswa dengan para guru. Banyak siswa yang mengajak guru bergurau dan guru menanggai gurauan tersebut dngan positif. Bukannya memarahi siswa tersebut. Itu membuktikan bahwa kekompakan antara siswa dengan guru di ESPANA sangat baik.
2.Toilet yang tidak bersih
Toilet di ESPANA selain tidak bersih , bias dikatakan toilet itu sudah rusak, tapi ini semua adalah salah para murid yang tidak bias menjaga toilet ESPANA, bukanlah guru. Guru sudah mengupayakan untuk memperbaiki akan tetapi, sangking cerdasnya murid ESPANA , mereka menulis uneg”, status, ceruta dll mereka di toilet. Mereka juga sering membuang sampah disekitar toilet . Sehingga toilet terlihat kotor.
3.Komputer yang terbatas
Dulu computer di ESPANA sangat terbatas (saya tidak mau mengatakan jumlahnya). Dan sekarang komputrnya ditambah, sehingga semakin banyak. Akan tetapi semakin banyak computer, internetnya semakin lambat (slow) adapula computer yang tidak bias dibuat internetan. Kita tidak bisa menyalahkan guru. Guru suda mengupayakan mnambah computer dan member WIFI, tapi karena alam, internetan jadi lambat.
4.Halaman yang sempit
Banyak yang bertanya:
Dimana kalian upacara?
Dihalaman ….
Apa? Emangnya cukup ?
Itulah yang ditanyakan orang luar kepada murid ESPANA. Sebenarnya dengan halaman yang sempit, upacara jadi terasa enak. Selain menjaga tali persaudaraan juga tidak terlalu panas. Kenapa?
Jika halaman yang dibuat upacara luas, maka terik sinar matahariyang amat sangat panas langsung terkena pada tubuh kita , karena barisannya luas-luas + lebar-lebar. Tetapi jika jaraknya berdempetan maka tubuh kita tidak sampai terkena sinar matahari karena tertutup tubuh anak yang didekat kita. Begitu pula yang lain.
5.Ciri khas para guru
Ciri khas para guru adalah sesuatu yang mencolok dari ESPANA dari guru yang pemarah hingga yang sabar ADA
Guru yang judes hingga guru yang murah senyum (sangking sering senyum bibirnya nempel ama telinga ) dan
Guru yang suka bergurau hingga guru yang selalu serus dalam segala hal pu ADA
6.Kantin yang tak bisa disebut kantin
Kantin sekolah? Warung? Atau warteg??
Itulah yang ada dibenak para siswa baru di ESPANA, kantin yang berada tepat dibawah tangga itu sangat diragukan bila disebut kantin. Akan tetapi kekompakan antar penjual (Pak moe, pak ramsin dan Bu kip) dengan siswa maupun guru sangatlah erat. Guru maupun siswa menganggap para penjual tersebut adalah keluarga mereka. Jika tidak ada mereka siswa dan guru tidak bisa makan siang disekolah.
7.Murid yang nakal tapi punya banyak inspirasi
Itulah murid ESPANA dari tahun ke-tahun, sama sekali tidak pernah berubah. Murid yang amat nakal, menentang peraturan sekolah tetapi dibalik itu otak mereka punya banyak akal/inspirasi yang slalu mereka sampaikan baik secra tulisan maupun lisan. Dari anak yang otaknya susah sekali diasah tetapi ototnya member prestasi kepada ESPANA dan banyak laggi ….
Reade more >>

MATERI KOMPUTER


PENGERTIAN KOMPUTER
Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.
Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai peralatan pisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan.
Dalam hal ini, komputer tidak mungkin bisa bekerja tanpa adanya program yang telah dimasukkan kedalamnya. Program ini bisa berupa suatu prosedur peng-operasian dari komputer itu sendiri ataupun pelbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan program-program inilah yang kemudian disebut sebagai software komputer atau perangkat lunak komputer.
...no image yet...
Dalam arti yang paling luas, software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang ditayangkan oleh TVRI, dapat dianggap sebagai software dari suatu peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam diatas kaset, data diatas kertas, serta cerita ataupun uraian yang ada didalam sebuah buku.
Secara prinsip, komputer hanyalah merupakan sebuah alat; Alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan adanya program dan manusia. Pengertian manusia kemudian dikenal dengan istilah brainware (perangkat manusia).
Konsep hardware - software - brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu kedalam komputer. Setelah Setelah program tersimpan didalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya.


Dari Generasi Ke-Generasi
Generasi pertama dari komputer, ditandai dengan diketemukannya tabung hampa udara sebagai alat penguat sinyal. Generasi ini kemudian diganti dengan generasi transistor, dan akhirnya timbul generasi ketiga dengan munculnya IC-Chip. Kini banyak diperdebatkan, apakah Microprocessor yang merupakan pengembangan dan peningkatan kemampuan dari IC-Chip bisa dikatakan sebagai pelopor generasi ke-empat, ataukah masih tetap pada generasi ketiga.
Alasan yang mendukung adalah, kemampuan dari Microprocessor jauh diatas IC-Chip, sedang alasan yang menolak pendapat tersebut mengatakan, bahwa konsep dasar Microprocessor masih sama dan itu hanya merupakan peningkatan dari kemampuan dari IC-Chip belaka. Dengan demikian, pada saat ini ada yang berpendapat bahwa kita sudah memasuki komputer generasi ke-empat dan bahkan kelima, tetapi ada juga yang masih berpendapat bahwa kita belum beranjak dari generasi ketiga.

a. Generasi Pertama.
Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin.
Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik didunia yang pertama yakni ENIAC sesai dibuat. Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton. begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri.
Pada gambar nampak komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M

b. Generasi Kedua.
Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu: "basic", "collector" dan "emmiter". Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi. Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan dengan demikian, komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah.
Beberapa contoh komputer generasi kedua adalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800. Pada gambar nampak sebuah papan rangkaian yang menggunakan transistor dan digunakan oleh Komputer MARK IV ditahun 1957 yang merupakan komputer pertama yang diproduksi di- Jepang.
Pada tahun 1960-an, komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar dipasaran. Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor.

c. Generasi Ketiga
Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan pelbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga. Contoh komputer generasi ini adalah: Apple Computer dan TRS Model 80 dan IBM S/360.
Pada gambar disebelah nampak, komputer IBM S/360 yang menggunakan komponen IC. Dinamakan IBM S/360 karena mampu melakukan operasi satu lingkaran penuh (360 derajat) yang maksudnya mampu melakukan proses yang dibutuhkan oleh aplikasi bisnis maupun teknik.

d. Generasi Keempat
Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian-rangkaian terpadu (integreted circuits). LSI kemudian dikembangakan dalam VLSI (Very Large Scale Integration).
Perkembangan berikutnya juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor diantaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Dipasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, 80586 yang lebih dikenal dengan nama: Pentium dan lainnya lagi. Sedang pabrik Motorola mengeluarkan model 6502, 6800 dan lainnya.

Pengertian Komputer Berdasar Golongan

a. General Purpose Computer

Komputer yang umum digunakan pada setiap hari, juga bisa disebut sebagai general-purpose computer, dimana bisa digunakan untuk menyelesaikan pelbagai variasi pekerjaaan. Komputer jenis ini dapat menggunakan pelbagai software, bermacam-macam langkah yang saling menyempurnakan, termasuk didalamnya penulisan dan perbaikan (word-processing), manipulasi fakta-fata didalam database, menyelesaikan pelbagai perhitungan ilmiah, ataupun mengontrol sistem keamanan organisasi, pembagian daya listrik serta temperatur.
Walaupun general purpose computer dapat diprogram untuk digunakan dalam beberapa fungsi, tetap mempunyai batasan-batasan dalam hal kemampuan, ukuran ataupun persyaratan. Sebagai contoh, general purpose computer tidak bisa digunakan untuk memproses perhitungan seluruh data statistik yang dibutuhkan untuk peramalan cuaca

b. Special-purpose Computer
Special-purpose computer digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun aplikasi khusus. Special purpose pada awalnya merupakan general-purpose, yang digunakan secara khusus dan disesuaiakan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.
Sebagai contoh konfigurasi dari special purpose computer yang digunakan pada sistem komputer berskala besar adalah front-end processor; yang digunakan untuk mengontrol fungsi input dan output dari komputer utama. Contoh lain dari special purpose computer adalah adalah back-end processor, yang mengambil data dari storage serta meletakkan dan mengaturnya kembali kedalam storage.
Dedicated processor juga merupakan special purpose computer yang bagian dalamnya telah dirubah sedemikian rupa agar memiliki fungsi khusus. Dedicated processor dirancang sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk menyelesaikan langkah dan proses khusus, dimana hal ini bisa ditemui pada: pelbagai robot yang digunakan pada pabrik, mesin-mesin kesehatan dipelbagai rumah sakit serta aneka video game.
Reade more >>